Catat! Ini Cara Menghitung dan Mendapatkan Berat Badan Ideal

Berat badan ideal ialah berat badan yang dianggap paling menyehatkan untuk seseorang. Untuk ketahui apa kamu telah mempunyai berat badan yang ideal atau memang belum, pastilah kamu harus ketahui lebih dulu bagaimana cara menghitung berat badan ideal.

Saat kamu ketahui bagaimana Cara menghitung berat badan ideal, maka kamu akan mengetahui perlakuan apa yang perlu dilaksanakan. Baik itu menaikkan atau turunkan berat badan untuk capai titik yang ideal.

Walau lelaki dan wanita mempunyai cara yang berlainan dalam hitung berat badan ideal, tetapi rumus ini tidak sulit. Berikut caranya :

Pria: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10 persen]

Wanita: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15 persen]

Sebagai contoh, untuk lelaki, bila Anda mempunyai tinggi badan 170 cm, karena itu langkah hitungnya ialah (170-100) – [(170-100) x 10%], 70-7=63. Ini berarti berat badan ideal Anda ialah 63 kg.

Dan, untuk wanita dengan tinggi badan 158, maka langkah hitungnya ialah (158-100) – [(158-100) x 15%), 58-8,7=49,3. Ini berarti berat badan ideal Anda ialah 49,3 kg.

Beberapa orang menginginkan berat badan yang ideal, namun malas untuk berolahraga. Olahraga memang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan keseimbangan berat badan. Namun sebenarnya Anda tetap bisa menurunkan berat badan tanpa harus repot-repot berolahraga.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Berikut tips-tipsnya.

1.     Minum air putih

Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Meminum air putih yang banyak juga bisa membantu proses metabolisme tubuh. Biasakan untuk meminum segelas air putih pada saat sebelum dan sesudah makan. Meminum air sebelum makan dapat membuat perut sedikit kenyang sehingga akan mengurangi porsi makan Anda. Air putih tidak mengandung kalori, jadi sebanyak apa pun Anda meminum air putih, tidak akan menyebabkan tubuh Anda menjadi gemuk. Jika Anda tidak suka dengan air tawar, Anda bisa mencampurkan air putih dengan jeruk nipis atau perasan lemon.

2.     Makan teratur

Saat melakukan diet, hal yang penting untuk diperhatikan adalah makan yang teratur. Makan sangat dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi yang akan dipakai saat aktivitas sehari-hari. Makanlah makanan yang banyak mengandung protein sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Hindari makanan siap saji yang banyak mengandung kalori dan justru membuat Anda mudah lapar. Jangan tinggalkan sarapan pagi, karena itu bisa mengakibatkan Anda makan lebih banyak pada siang harinya dengan makanan yang tidak sehat.

3.     Kurangi porsi makan

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga juga bisa dilakukan dengan mengurangi porsi makan. Mengurangi porsi bukan berarti tidak makan sama sekali. Perhatikan porsi makan Anda sehari-hari, dan apabila Anda sedang menjalani diet Anda bisa mengurangi porsinya menjadi lebih sedikit. Jika Anda ingin tetap merasa kenyang dengan porsi makan yang sedikit, Anda bisa memilih makanan yang mengandung banyak serat atau protein sebagai menu makan Anda. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Mungkin Anda bisa mengganti nasi biasa dengan beras merah untuk mengurangi konsumsi karbohidrat.

4.     Tidur cukup

Tidur sangat membantu menjaga keseimbangan tubuh. Pada saat Anda terjaga di malam hari, produksi hormon yang meningkatkan rasa lapar menjadi bertambah. Itulah mengapa tidur dapat mencegah Anda dari mengkonsumsi makanan yang tidak perlu. Selain itu, saat tidur tubuh juga mengalami proses metabolisme yang penting untuk menjaga kesehatan dan berat tubuh Anda.

5.     Membuat daftar makanan

Membuat daftar makanan yang sudah Anda makan merupakan salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang efektif. Dengan membuat daftar tersebut, Anda bisa melihat makanan apa saja yang telah Anda makan sehari-hari. Ini juga bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengontrol makanan yang boleh Anda makan dan yang harus dikurangi saat masa diet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *