Amerika Serikat akan Umumkan Paket Bantuan Terbaru Senilai 3 Miliar Dolar AS untuk Ukraina

Amerika Serikat (AS) akan mengumumkan paket bantuan keamanan baru senilai 3 miliar dolar AS untuk Ukraina pada Rabu (24/8/2022). Menurut seorang pejabat AS, paket bantuan terbaru itu sedang dipersiapkan untuk merayakan hari kemerdekaan Ukraina ke 31 yang jatuh pada hari Rabu (24/8/2022). Dikutip dari Reuters, Rabu (24/8/2022) paket tersebut menggunakan dana dari Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina (USAI) yang dialokasikan oleh Kongres untuk memungkinkan pemerintahan Joe Biden mendapatkan senjata dari industri, daripada mengambil stok senjata AS yang ada.

Pejabat AS yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan bahwa paket bantuan senjata baru, tampaknya tidak mencakup jenis senjata yang belum pernah diberikan sebelumnya kepada militer Ukraina. “Amerika Serikat akan memfokuskan pada pemberian amunisi dan memperbanyak sistem pertahanan udara bagi Ukraina,” kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa jumlah dan isi paket bantuan senjata dapat berubah sebelum pengumuman resmi. Sebelumnya, Washington telah memberikan paket bantuan militer hingga 10,6 miliar dolar AS kepada pemerintah Presiden Volodymyr Zelenskiy sejak 24 Februari.

Di sisi lain, Jerman juga berencana untuk mengirimkan paket bantuan senjata lebih lanjutke Ukraina, termasuk di dalamnya terdapat sistem pertahanan udara, peluncur roket dan amunisi presisi senilai lebih dari 500 juta euro. Pada awal bulan ini, Amerika Serikat juga telah memberikan paket bantuan senilai 1 miliar dolar AS, yang sudah termasuk amunisi untuk HIMARS, amunisi sistem rudal permukaan ke udara (NASAMS) dan sebanyak 50 kendaraan medis lapis baja M113. Sejauh ini, Amerika Serikat telah mengirimkan 16 Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) ke Ukraina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *